Ada yang belum tau Apa Itu Septic Tank?. Septic tank atau biasa di sebut sepiteng adalah bak tangki kedap air yang biasa digunakan untuk menampung limbah kotoran manusia skala rumah tangga. bak Tangki Septic tank ini dibuat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Apa Itu Septic Tank?

Pengertian Septic Tank

CV. Mitra Sabena | Septic tank adalah istilah bahasa Inggris untuk septictank. Tangki ini sendiri merupakan wadah atau bak yang digunakan untuk menampung dan mengolah kotoran manusia berupa feses dan urin. Hunian dan pengelolaan ini dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Tangki septik biasanya diletakkan di dalam tanah dan terbuat dari bahan yang tahan air. supaya  kotoran yang tersimpan di dalam tangki tidak meresap ke dalam tanah dan menimbulkan polusi yang sangat mencemar.

Penting untuk membangun dan mengelola tangki septik. Tangki ini akan berfungsi untuk mengelola sampah rumah tangga karena tidak dapat langsung dibuang. Keberadaan septic tank juga akan membantu mencegah penularan berbagai penyakit yang ditularkan melalui feses atau kotoran manusia seperti disentri, kolera, tifus, dan lain sebagainya.

Berbagai Jenis Septic Tank

Ada berbagai jenis septic tank yang bisa digunakan. Pemilihan sepiteng dilakukan dengan bangunan dan kondisi di sekitar rumah.

Jenis Sepiteng Berdasarkan Bahannya

Apa Itu Septic Tank? – Tangki septik dapat bervariasi tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan tangki ini adalah sebagai berikut.

  • Beton

Sepiteng berbahan beton merupakan salah satu yang paling umum dan banyak digunakan di Indonesia. Tangki jenis ini dipilih karena memiliki durabilitas yang kuat.

  • Besi

Sepiteng berbahan besi sudah jarang digunakan. Hal ini disebabkan oleh masa manfaat yang lebih pendek. Meski begitu, ada juga pengguna yang memilih tangki ini karena harganya yang lebih terjangkau.

  • Fiberglass

Tangki Sepiteng fiberglass menjadi pilihan terutama karena dia tidak mudah retak ataupun bocor. Tangki ini juga lebih ringan sehingga lebih mudah dipasang. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan Pins adalah kemungkinan tangki berubah bentuk karena tekstur tanah.

  • Plastik

Septic tank plastik memiliki sifat dan bahan yang mirip dengan fiberglass. Biasa tangki Sepiteng Plastik ini banyak yang memilih karena dia memiliki harga yang sangat murah sekali.

  • Aerobik

Jenis sepiteng selanjutnya adalah berbahan aerobik. Tangki ini biasanya digunakan sebagai cadangan jika tangki utama sedang bermasalah. Meski digunakan sebagai cadangan, tangki aerobik memiliki harga yang lebih mahal.

Jenis Sepiteng Menurut Sistem Kerjanya

Selain bahan utama tangki, sepiteng juga dibedakan menurut sistem kerjanya, agar lebih memahami tentang Apa Itu Septic Tank? pahami lebih lanjut.

  • Tangki septik tradisional

Sepiteng tradisional adalah jenis yang umum digunakan dan mudah ditemukan di banyak rumah. Tangki ini biasanya memiliki harga yang lebih murah karena fungsinya yang sederhana yaitu untuk menampung sampah.

  • Bio septic tank

Jenis tangki selanjutnya adalah memanfaatkan bioteknologi. Bio septic tank memiliki keunggulan dalam mengolah limbah sehingga tidak berbau dan mencemari lingkungan. Tangki ini juga memiliki sistem pelindian yang baik.

Bagaimana Cara Kerja Septic Tank?

Lebih lanjut mengenai Apa Itu Septic Tank? – Tangki septik adalah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengelola limbah dari rumah tangga. Pembuatan tangki ini harus diperhatikan dengan baik karena akan mempengaruhi pembuangan limbah yang diserap atau dialirkan ke area pengelolaan yang lebih besar.

Tanki Sepiteng yang sederhana terdiri dari sebuah wadah dan terhubung oleh dua buah pipa. Pipa berguna sebagai pintu masuk limbah dan juga untuk membuang air olahan dari tangki. Selain itu, pipa juga berfungsi sebagai saluran keluar masuknya udara ke dalam tangki.

Limbah atau kotoran di tangki ini kemudian akan dipisahkan menjadi 3 bagian. Di bagian paling atas terdapat sampah atau buih yang terapung berupa minyak. Lapisan di bawahnya adalah limbah cair dengan partikel limbah atau limbah cair. Sedangkan lapisan terakhir adalah lumpur yang mengandung partikel-partikel yang mengendap.

Dalam sistem pembuangan limbah dan pengelolaan limbah, hal lain yang perlu diperhatikan selain septic tank adalah sumur resapan. Limbah yang sudah hancur di septic tank akan dialirkan ke sumur resapan. Di dalam sumur ini terdapat beberapa unsur seperti ijuk, kerikil, pasir, dan batuan berlubang. Di dalam sumur, air limbah akan ditampung dan diserap ke dalam tanah.

Peraturan Tentang Pembangunan Sepiteng

Pengelolaan sampah dirumah dikatagorikan sangat penting karena itu berkaitan dengan lingkungan hidup sekitar. Di Indonesia sendiri, regulasi yang bersentuhan langsung dengan septic tank adalah Peraturan Menteri Kesehatan atau Permenkes Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017.

Berdasarkan Permenkes, setiap jamban atau jamban harus dilengkapi dengan sepiteng. Wadah ini digunakan untuk mengumpulkan kotoran manusia. Bagian padat akan tertinggal di dalam tangki. pada bagian cair akan keluar dan juga diserap melalui sumur resapan.

Berdasarkan SNI 2398:2017, septic tank  harus kedap air. Tangki ini juga membutuhkan lubang kontrol, ventilasi, pipa masuk dan keluar, serta harus dikuras secara berkala. Limbah tersebut kemudian akan dikirim ke Sludge Treatment Plant atau IPLT.

Referensi Penulisan Artikel

Scroll to Top
Open chat
Contact Whatsapp
CV. MITRA SABENA - Pesan Jasa Sedot Wc, Saluran Mampet, Renovasi/Pembuatan Septic Tank baru disini. Kirim Alamat/Lokasi melalui berbagi lokasi di WhatsApp. kami respon segera.
Call Now Button