Ketahui Perbedaan Saluran Pembuangan dan Septic Tank Tersumbat

septic tank tersumbat

CV. Mitra Sabena | Jika saluran pembuangan di gedung atau rumah Anda mengalir dengan lambat atau sering tersumbat, dan juga Anda memiliki sistem pembuangan limbah di bawah tanah yang disebut sebagai sistem septic tank yang perlu dilakukan hanya identifikasi permasalahan dengan benar.

Septic tank tersumbat dapat menyebabkan masalah yang sangat mirip dengan pipa pembuangan yang tersumbat. Mengetahui bagaimana membedakan perbedaan dapat membantu Anda menjaga rumah Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui.

septic tank tersumbat

Mengapa Drainase Tersumbat Saat Septic Tank Meluap ?

Tangki septik adalah tangki penyimpanan bawah tanah. Semua air limbah di rumah mengalir ke septic tank dan terisi perlahan. Pipa di pintu masuk tangki septik biasanya berada di dekat bagian atas. Juga di dekat bagian atas tangki ada pipa yang menuju ke halaman, menuju ke area yang disebut ladang drainase.

Saat air di septic tank mencapai level tertentu, saluran pembuangan akan mengalirkan air dari tangki dan masuk ke tanah di sekitar tangki. Tanah menyaring air dan menghilangkan bakteri. Ketika air di septic tank mencapai air tanah, maka relatif bersih.

Jika pipa menuju saluran pembuangan tersumbat, tangki septik akan terisi air dan air di dalamnya akan meluap. Setelah itu, air akan kembali ke pipa yang menuju ke rumah.

Saat septic tank tersumbat menyebabkan air naik melalui saluran utama, perlengkapan di rumah kehilangan kemampuannya untuk mengalirkan air dengan benar. Jika septic tank benar-benar tersumbat, air akan segera kembali ke dalam rumah. Jika septic tank hanya tersumbat sebagian, saluran pembuangan akan menjadi lambat karena air berjuang untuk mengalir ke septic tank.

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Anda Memiliki Penyumbatan Septic Tank?

Saat septic tank mulai tersumbat, banyak pemilik rumah yang salah mengira bahwa masalah drainase mereka disebabkan oleh penyumbatan di pipa. Terkadang sulit untuk membedakannya. Indikasi terbesar bahwa masalahnya adalah tangki septik adalah jika semua saluran air bawah di rumah lambat sekaligus.

Saat air septic tank kembali ke atas, saluran bawah di rumah semuanya akan terpengaruh terlebih dahulu, karena paling dekat dengan septic tank. Biasanya, saluran ini adalah saluran pancuran, saluran pembuangan lantai basement, dan toilet di ruangan paling bawah rumah. Selain menjadi lambat, mereka mungkin mulai mengeluarkan suara aneh, seperti suara gemericik.

Ini berbeda dengan penyumbatan di pipa yang menuju ke jalur utama. Penyumbatan lokal biasanya hanya memengaruhi satu perlengkapan atau beberapa perlengkapan yang terhubung.

Anda akan melihat bahwa toilet lambat, atau Anda mungkin memperhatikan bahwa dua wastafel yang terhubung mengalami masalah pengurasan. Jika perlengkapan lain di rumah semuanya berfungsi dengan baik, ini merupakan indikasi bahwa ada penyumbatan di saluran dalam rumah, bukan di tangki septik.

Bisakah Anda Membuat Penyumbatan Septic Tank?

Kondisi septic tank tersumbat tidak boleh diperbaiki oleh seseorang yang memiliki pelatihan minimal atau kekurangan alat. Jika Anda yakin bahwa septic tank Anda tersumbat, hubungi perusahaan pompa septic tank untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika Anda yakin bahwa sumbatan ada di dalam pipa dan bukan di septic tank, Anda mungkin bisa memperbaikinya sendiri. Taburi saluran dengan soda kue, lalu tuang cuka ke dalam pipa. Biarkan campuran di dalam pipa selama satu atau dua jam. Terakhir, basuh saluran dengan air panas.

Jika sumbatan cukup besar, gunakan bor untuk membersihkan sumbatan. Sebuah auger memiliki kabel yang panjang dan kaku dengan ujung yang runcing dan berkelok-kelok. Jika kabel dapat mencapai penyumbatan, maka mendorong kabel ke dalam pipa dapat membantu membersihkan penyumbatan. Jika penyumbatan tidak dapat dibersihkan menggunakan salah satu metode ini, Anda mungkin perlu menghubungi tukang ledeng.
Jangan mencoba membersihkan penyumbatan lokal dengan pembersih saluran kimiawi. Pembersih saluran kimiawi dapat membunuh bakteri menguntungkan di septic tank Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyumbatan lainnya.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Penyumbatan Terjadi?

Penyumbatan di septic tank terjadi karena berbagai alasan. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyumbatan adalah memompanya secara teratur. Banyak septic tank perlu dipompa setiap tiga hingga lima tahun. Anda dapat mengetahui seberapa sering tangki septik Anda perlu dipompa dengan berbicara dengan ahli perawatan tangki septik Anda.

Tindakan pencegahan untuk menghindari saluran utama atau saluran yang lambat tersumbat:

  • Hargai septick tank Anda. Tangki ini dirancang untuk pembuangan limbah organik saja. Hindari membuang limbah anorganik dan non-bio-degradable. Mereka pasti akan memenuhi dan memblokir fungsi normal tangki.
  • Gunakan filter di saluran pembuangan di toilet dan dapur Anda untuk menjebak rambut dan benda padat.
  • Kosongkan septic tank , jika Anda berencana untuk bepergian jauh.
  • Dapatkan bantuan ahli. Investasi kecil di sini akan menyelamatkan Anda dari semua kemungkinan buruk selama musim hujan.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Anda Mencurigai Masalah Septic Tank?

Jika Anda mengalami masalah dengan sumbatan di rumah dan Anda curiga bahwa masalahnya berasal dari septic tank Anda, hubungi perusahaan penyedia jasa sedot WC profesisonal.

Perusahaan layanan jasa sedot WC ini dapat memeriksa tangki Anda dan memberi tahu Anda apakah tangki perlu dipompa atau tidak. Jika tangki tidak perlu dipompa, penyumbatan bisa terjadi di suatu tempat di jalur utama yang mengarah dari rumah atau di pipa pembuangan dekat perlengkapan yang tersumbat.

Cara Untuk Membuka Saluran Pembuangan Utama Atau Tangki Septik Penuh

  1. Gunakan selang atau jet air untuk membuka penyumbatan pipa pembuangan utama. Ini adalah pekerjaan seorang ahli. Dia tahu, melalui keahliannya, bagaimana cara memeriksa saluran yang tersumbat, mengatakan apakah penyumbatan disebabkan oleh limbah padat atau zat berminyak atau akar dan menggunakan teknik yang sesuai untuk membuka penyumbatan yang sama.
  2. Periksa inlet dan outlet septic tank apakah ada penyumbatan akibat limbah padat, buih, dan sebagainya. Hapus blok dan periksa aliran yang mudah.
  3. Periksa area di sekitar perkolator. Lihat apakah itu lembab, berawa dan bau. Artinya perkolasi tidak tepat. Di pekerjaan lain, tanah tidak menyerap air drain pada kecepatan pembuangan.

Bisa jadi karena penggunaan air Anda meningkat akhir-akhir ini karena lebih banyak tamu atau tanah menjadi jenuh karena kelembaban dari sumber lain seperti curah hujan (lebih dari biasanya) dan sebagainya. Segera hubungi ahlinya, masalah ini memerlukan penanganan segera.

Penjelasan tentang septic tank tersumbat di atas semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan di rumah. Tidak ada salahnya menyewa jasa sedot WC untuk meringankan pekerjaan Anda.

Baca juga: Seperti Apa Tanda Pipa Septic Tank Mampet? Ketahui Di Sini

1 tanggapan pada “Ketahui Perbedaan Saluran Pembuangan dan Septic Tank Tersumbat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *