7 Alasan Mengapa Harus Sedot Septic Tank

Kebutuhan akan tempat penampungan kotoran atau tinja merupakan salah satu alasan mengapa harus Sedot septic tank. Namun, tidak semua orang sadar akan pentingnya septic tank dan kebaikan-kebaikan yang diberikan septic tank. Sebagai masyarakat yang sadar akan kesehatan, silahkan simak alasan penggunaan septic tank berikut.

Apa Itu Sedot Septic Tank?

Sedot Septic Tank

Sedot Septic tank atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai tangki septik adalah sebuah tempat yang bersekat-sekat yang terbagi dalam beberapa ruang dan diletakkan dalam tanah. Fungsi tangki septik ini sebagai tempat untuk membuang kotoran atau tinja dari sistem ekskresi manusia. Biasanya tempat ini berbahan kedap air sehingga tidak meresap ke tanah.

Secara umum, septic tank terdiri dari dua ruang. Ruang pertama berfungsi sebagai ruang pengendap, sedangkan ruang kedua berfungsi untuk pengurai dan penampung lumpur. Adanya septic tank yang sesuai standar kesehatan tentu berpengaruh baik pada kesehatan air tanah dan berakhir pada kesehatan masyarakat.

Alasan Mengapa Harus Sedot Septic Tank

Sebagai individu yang tinggal dalam sebuah tatanan masyarakat, maka Anda sangat disarankan turut serta menjaga kebersihan lingkungannya. Hal ini tentu bertujuan agar hidup bertetangga tetap rukun, aman dan damai, termasuk berkaitan dengan sistem pembuangan. Berikut ini akan disajikan beberapa alasan mengapa harus Sedot septic tank.

1. Mampu Menampung Tinja atau Kotoran

Kebutuhan manusia akan makan dan minum tentu kemudian akan berakhir pada sistem ekskresi atau pembuangan. Sistem ini secara langsung akan menghasilkan kotoran atau biasa disebut tinja. Kotoran yang dibuang sembarangan maupun di sungai tentu sangat mengganggu diri sendiri dan orang lain. Secara etika, hal ini tentu tidak disarankan.

Keterangan di atas adalah salah satu alasan mengapa manusia membutuhkan Sedot septic tank. Sebagai masyarakat yang bijak dan memahami pentingnya kesehatan, maka Buang Air Besar (BAB) di sungai sangat tidak disarankan. Sungai tidak akan menampung kotoran, namun akan membawanya menuju hilir dan mencemari seluruh alirannya.

Adanya septic tank sangat membantu dalam hal penampungan kotoran hasil ekskresi manusia. Kotoran tersebut akan di tampung dan diolah terlebih dahulu sehingga tidak mencemari lingkungan. Tentu hal ini sangat berbeda dengan jamban yang tidak dilengkapi septic tank sehingga penampunganya tidak maksimal.

2. Terhindar dari Pencemaran Air

Adanya sistem pembuatan septic tank yang sangat memperhatikan kesehatan masyarakat tentu baik adanya. Jika jamban tanpa septic tank pada umumnya hanya dilakukan pembuangan satu tempat, maka berbeda dengan jamban dengan septic tank. Pada umumnya, septic tank yang baik selalu melalui lebih dari satu pembuangan, hal ini bertujuan agar kotoran dapat diolah maksimal.

Pembuatan Septic Tank yang tidak sesuai juga dapat membuat air menjadi tercemar. Sebaiknya septic tank dibuat dengan jarak aman 10 meter dari sumur air bersih, 1,5 meter dari bangunan atau rumah, dan 5 meter dari sumur resapan air hujan. Adanya pengaturan seperti ini tentu untuk mencegah terjadinya pencemaran air.

Penggunaan septic tank sebagai tempat pembuangan kotoran juga telah mendukung program SDGs (Sustainable Development Goals) dengan programnya kelestarian lingkungan Hidup. Pembuangan kotoran langsung ke sungai tentu akan memperparah tingkat pencemaran air.

3. Kesehatan Masyarakat dan Keluarga Lebih Terjaga

Alasan mengapa harus Sedot septic tank selanjutnya adalah agar kesehatan masyarakat dan keluarga lebih terjaga. Anda harus mengingat hal ini, adapun yang paling pentng dari kehidupan adalah kesehatan. Kemudian kesehatan yang baik tentu dimulai dari langkah hidup bersih dan sehat. salah satunya dengan memiliki septic tank yang sesuai standar.

Septic tank mungkin adalah bagian yang tidak terlalu dipikirkan oleh masyarakat secara umum. Namun, Anda perlu mengingat satu hal, bahwa kotoran yang dikeluarkan tentu mengandung banyak bakteri yang tidak baik untuk kesehatan. Jika kotoran dibuang secara sembarangan, bisa jadi kesehatan akan semakin terancam.

4. Kebersihan Lingkungan Lebih Terjaga

Apabila Anda Sedot jamban dilengkapi dengan septic tank, tentu kebersihan lingkungan lebih terjaga. Anda tidak akan disibukkan dengan pencemaran air sungia, air tanah atau bahkan adanya tinja di banyak tempat. Jika semua orang memiliki septic tank, hal ini membuat lingkungan asri karena masyarakat Buang Air pada tempatnya.

5. Bisa Dilakukan Penyedotan Jika Dirasa Penuh

Septic tank adalah tempat pembuangan yang baik. Hal ini disebabkan septic tank mampu menampung kotoran secara lebih banyak, sehingga tidak perlu membuat jamban berkali-kali. Terlebih lagi, septic tank bisa disedot setiapkali di rasa sudah penuh. Biasanya penyedotan dilakukan setiap 3 sampai 5 tahun sekali disesuaikan dengan ukurannya.

Adanya penyedotan tersebut tentu menghemat keuangan Anda. Tidak hanya itu, adanya penyedotan juga membuat tanah kembali segar karena dibersihkan secara maksimal. Biasanya tim sedot septic tank ini disebut sebagai jasa sedot WC. Jangan khawatir, biaya sedot ini sangat terjangkau dan jasanya juga mudah ditemui dibanyak tempat dekat dengan Anda.

Penjelasan di atas adalah alasan mengapa harus menggunakan septic tank. Buang Air secara sembarangan akan mempengaruhi kesehatan lingkungan. Hal itu berarti Anda tidak menjaga lingkungan dengan baik. Padahal, ada cara efektif untuk menjaga lingkungan dan kesehatan dengan sederhana, yakni Buang Air dengan ditampung pada tempatnya.

6. Turut Serta dalam Program Kesehatan Berkelanjutan

Setiap manusia tentu menginginkan dirinya sehat dan tidak sakit. Hal itu bisa didukung dengan adanya pola hidup bersih dan sehat. Sebagai langkah mewujudkan hal tersebut, maka PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) memiliki program sanitasi lingkungan yang diwujudkan melalui kemeterian kesehatan setiap negara.

Sanitasi lingkungan diartikan sebagai sebuah cara untuk menyehatkan lingkungan hidup yang digunakan sebagai tempat manusia meliputi tanah, air dan udara. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam mendukung program tersebut adalah dengan membuat jamban dilengkapi septic tank. Jamban tanpa septic tank secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan air tanah.

7. Menghemat Biaya

Adanya septic tank pada jamban tentu menghemat biaya yang akan dikeluarkan. Septic tank hanya dibuat satu kali dan bisa digunakan seumur hidup. Jika penuh, Anda hanya perlu memanggil jasa sedot WC sehingga septic tank Anda kembali bersih dan kosong. Hal ini pun terjadi sangat lama, tergantung pengguna dan ukurannya.

Meskipun Anda harus memanggil jasa sedot WC, tentu hal ini lebih hemat daripada jamban dengan satu kali pembuangan. Jika jamban satu kali buangan tersebut penuh, maka Anda harus mencari tempat lagi dan mencari tukang atau membuat yang baru lagi. Selain memakan waktu, juga tentunya biaya dan lahan yang lebih banyak.
Penjelasan di atas adalah bagian yang sangat penting bagi Anda, keluarga dan masyarakat secara umum. Pada dasarnya Buang Air di sungai dan di tempat yang tidak seharusnya akan menciptakan masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, Jadikan kesehatan keluarga sebagai alasan mengapa harus menggunakan septic tank.

Penutup

Demikianlah hal-hal berkaitan dengan Septic Tank. Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu Sebelum memanggil Jasa Septic Tank sehingga tidak salah dalam memilih. Hal ini juga akan berpengaruh pada hasil dan pengelolaan keuangan Anda. Agar hasil maksimal, hubungi Jasa Pembuat Septic Tank untuk mengatasi permasalahan Anda.

Kunjungi Juga: Sedot WC Jakarta Utara