Septic Tank

SEPTIC TANK: Sepiteng, Biotank – Kenali Fungsi dan Jenisnya

Septic tank atau yang biasa dikenal dengan septic tank merupakan media pembuangan limbah biologis (feses) yang dibuat kedap air. Sehingga kotoran yang terkumpul tidak mencemari lingkungan sekitar. sepiteng biasanya dibuat dengan desain seperti kolam berinsulasi dan terdiri dari beberapa ruangan. Media ini diletakkan di bawah tanah, sebagai penampung kotoran (feses) yang bersifat kedap air.

Septic Tank

Karakter ini sangat penting dalam membangun septic tank, karena jika tidak (kedap air) media ini berpotensi mencemari sumber air dan tanah di sekitarnya. Padahal tujuan utama membangun septic tank adalah untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Potensi pencemaran lingkungan yang terjadi seringkali meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan (terutama pada manusia). Bakteri sejenis E-Coli dan sebagainya di dalam septic tank bila terkena sumber air (tanah) seringkali menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare dan sebagainya.

Pembangunan septic tank yang baik akan menghilangkan dampak buruk limbah terhadap lingkungan sekitar. Karena melalui media ini, kotoran akan tersimpan dengan aman dan terurai, dan akhirnya musnah secara alami. Sehingga air yang masuk ke tangki air bisa terbuang dalam kondisi bersih, bebas bakteri dan sejening.

Dalam hal perawatan, septic tank biasanya perlu dikuras dalam jangka waktu tertentu. Namun, jika media ini ditaburi bakteri mikroskopis, tidak dapat dikuras untuk beberapa waktu.

Bagian Ruangan Septic Tank

Pada umumnya septic tank didesain dengan beberapa bagian ruangan yang memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Seperti ruangan untuk bak pengendapan dan ruangan filter. Setiap ruangan diisi dengan beberapa elemen untuk mengoptimalkan proses penguraian kotoran secara alami.

Septic Tank

Ruang tamu biasanya memiliki dua kamar. Bagian pertama sebagai pengurai dan sekaligus penampung lumpur. Sedangkan ruang kedua berisi luapan lumpur yang tidak dapat ditampung di tangki pertama.

Ruang filter berperan penting dalam proses penguraian kotoran. Ruangan ini biasanya berisi kerikil dan pecahan batu. Fungsinya menjadi tempat berkembang biaknya bakteri anaerob yang berperan sebagai dekomposer.

Dalam pola hidup sehat, fasilitas septic tank sangat dibutuhkan. Mulai dari skala rumah tangga hingga digunakan bersama (komunal). Fasilitas ini digunakan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan dan lambung (kolera, disentri, tifus dan sebagainya).

Penyebaran sejumlah masalah kesehatan kerap terjadi mulai dari proses penanganan limbah biologis yang kurang baik. Sehingga sumber air dan tanah tercemar dan menjadi sumber segala malapetaka kesehatan.

Bio vs Septic Tank Konvensional

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk pengolahan air limbah, terutama untuk limbah cair domestik yang berasal dari kawasan pemukiman atau perkantoran. Berbeda dengan limbah cair industri, limbah cair domestik umumnya tidak memerlukan cara pengolahan air limbah yang terlalu rumit, karena pada dasarnya hanya bertujuan untuk menghilangkan zat berbahaya dari kotoran manusia (black water) dan sisa cucian yang mengandung deterjen (grey water). ), salah satu sistem pengolahan air limbah menggunakan Biotank.

Apa Itu Bio Tank?

Biotank merupakan salah satu jenis Bio Septic Tank yang berfungsi untuk mengolah air limbah domestik yang merupakan pengembangan dari teknologi Septic Tank biasa. Menurut para ahli, pengolahan air limbah dengan sistem Biotank lebih baik dari teknologi sebelumnya, karena dapat mengolah air limbah lebih efisien dan ramah lingkungan.

Bio Tank

Perbedaan cara pengolahan air limbah dengan Septic Tank biasa dan Biotank, terletak pada tangki penyimpanannya. Jika pengolahan air limbah menggunakan septic tank biasa menggunakan batu bata, yang berisiko mencemari air tanah dengan bakteri, telur cacing atau nutrisi, maka pengolahan air limbah dengan sistem biotank lebih aman. Oleh karena itu, sistem dengan teknologi terkini banyak diminati oleh pengembang perumahan dan gedung perkantoran yang membutuhkan instalasi untuk mengolah air limbah domestik.

Keunggulan Biotank Dibandingkan Septic Tank Biasa

Jika dibandingkan dengan septic tank biasa, pengolahan air limbah dengan sistem Biotank memiliki beberapa keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Cocok untuk pemukiman atau perkantoran dengan luas lahan terbatas.
  • Tidak menimbulkan bau yang mencemari udara di lingkungan sekitar.
  • Tidak perlu menguras limbah black water, karena tangki bisa bertahan lama.
  • Meminimalkan terjadinya kebocoran dari resapan limbah black water.
  • Biaya lebih terjangkau dengan perawatan yang lebih jarang.
  • Toilet tidak akan menjadi masalah saat banjir melanda.

Cara Kerja Pengolahan Air Limbah dengan Sistem Biotank

Setelah mengetahui tentang pengertian dan kelebihan Biotank, kini Anda juga perlu mengetahui tentang cara kerja pengolahan air limbah dengan sistem Biotank. Hal ini sangat penting, apalagi jika Anda berencana memasangnya pada proyek hunian atau gedung perkantoran yang Anda kelola. Cara kerjanya sendiri melibatkan beberapa proses, yaitu:

  • Filter awal, pada proses pertama pengolahan air limbah, limbah limbah akan dipisahkan antara kotoran padat dan cair dengan sistem filtrasi. Dengan demikian, pemisahan black water dapat dilakukan dengan sempurna dan kotoran padat dapat mengendap.
  • Filter air, setelah melalui filter awal, sisa air akan mengalir ke filter air. Fungsi dari filter ini adalah untuk menghasilkan air yang jernih dan tidak lagi berbahaya bagi lingkungan. Pada filter ini terdapat bola-bola atau disebut juga bola bio untuk mempengaruhi hasil akhir pengolahan air limbah.
  • Filter Pengurai Bakteri, adalah filter pengolahan air limbah yang dilengkapi dengan bakteri pengurai yang tugasnya memecah sisa kotoran sehingga tidak berbahaya bagi tanah dan perairan. Nantinya, filter ini akan dimasukkan ke dalam tablet konsentrat bakteri secara berkala agar proses penguraian dapat berlangsung secara efisien dan efektif.
Scroll to Top
Open chat
CV. Mitra Sabena
SEPTIC TANK: Sepiteng dan Biotank - Pesan disini. Kirim Alamat/Lokasi melalui berbagi lokasi di WhatsApp. kami respon segera. kami siap mengerjakannya dan Pengerjaan biasanya 2 atau 3 hari.
Call Now Button