cara mengatasi WC mampet

Dilarang Buang 9 Hal ini dan Cara Mengatasi WC Mampet

CV. Mitra Sabena | cara mengatasi WC mampet Anda, mungkin terkejut saat menyiram WC tetapi airnya malah meluap dan tak kunjung turun. Bisa jadi WC Anda sedang mampet karena beberapa penyebab yang tidak pernah disadari.

Cara mengatasi WC mampet bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus menyewa jasa penyedot WC. Namun perhatikan dulu apa saja penyebab WC mampet di bawah ini.

cara mengatasi WC mampet

Hindari Barang Penyebab WC Mampet

Banyak ditemui larangan membuang sampah di toilet, karena memang WC bukan tempat sampah. Jika hal itu dilanggar, maka kemungkinan WC mampet disebabkan oleh barang asing yang masuk ke dalam WC.

1. Tisu atau Handuk Kertas

Hampir semua jenis tisu dan kain pembersih yang dapat dibilas tidak hancur dalam air. Hal ini dapat menyebabkan pipa saluran pembuangan tersumbat atau WC mampet.

Tisu basah dan handuk kertas diciptakan untuk menyerap air dan kotoran, bukan untuk larut dalam air. Jika dibuang ke dalam WC, maka dapat menimbulkan masalah bagi Anda dan fasilitas pengolahan air setempat.

2. Benang Gigi dan Rambut

Untaian kecil sepertinya akan mengalir melalui pipa dengan sisa limbah lainnya. Baik rambut maupun benang tidak terbuat dari bahan yang dapat terurai, sehingga dapat kusut dan menempel pada benda apa pun yang mereka lewati di sistem pembuangan limbah, sehingga menimbulkan sumbatan besar.

3. Pembalut, Kapas, Perban

Cara mengatasi WC mampet bisa lebih cepat ditangani jika penyebabnya tidak terlalu berat. Ada beberapa barang pribadi umum yang kita buang ke toilet setiap hari yang benar-benar perlu kita pikirkan dua kali.

Kapas kecil tampaknya tidak berbahaya, tetapi jika mereka menumpuk di tikungan pipa pada akhirnya bisa menyebabkan penyumbatan. Barang sejenis ini sangat buruk bagi lingkungan dan juga buruk bagi sepictank dan sistem pembuangan limbah Anda.

Meskipun ada bagian dari pembalut yang pada akhirnya akan terurai di dalam air, tidak ada yang mengetahui berapa lama pembalut itu akan terurai di dalam air. Sebaiknya buang ke dalam tempat sampah di kamar mandi Anda.

4. Permen Karet dan Makanan

Permen karet tidak akan pernah larut dalam air dan akan menempel pada benda yang dibilas dengannya. Cukup bungkus permen karet Anda dengan kertas dan buang ke tempat sampah.

Ini juga berlaku untuk sisa makanan yang tidak ingin Anda habiskan. Sebaiknya buang di tempat sampah dan pisahkan sesuai jenis sampahnya.

5. Minyak atau Lemak Makanan

Bersamaan dengan permen karet dan makanan, Anda tidak boleh membuang minyak dan lemak sisa masakan ke saluran pembuangan toilet atau tempat pembuangan sampah. Meskipun sekarang terlihat seperti cairan, namun mereka akan mendingin dan berubah menjadi padatan yang akan menyumbat saluran pembuangan Anda.

6. Rokok

Komponen rokok tidak larut dalam air dan mudah tersangkut di septictank Anda. Belum lagi bahan karsinogen dan racun lain yang terkandung di dalamnya dapat mencemari air.

7. Serangga atau Hewan Lainnya

Serangga dan hewan mati atau hidup tidak akan hancur di dalam air, namun bisa membusuk dan mencemari air. Hewan yang lebih kecil pun memiliki peluang besar untuk menyumbat sistem pembuangan kotoran Anda. Buang mereka di tempat sampah atau kubur di halaman belakang rumah.

8. Kotoran Kucing

Mungkin Anda berpikir bahwa kotoran dan kencing kucing sama dengan kotoran manusia. Namun, kotoran kucing sangat buruk bagi sistem pembuangan kotoran Anda.

Kotoran kucing Anda mengandung berbagai racun dan parasit yang dapat mengontaminasi persediaan ai. Media kotoran kucing yang biasanya menempel di kotoran terbuat dari bahan dasar tanah liat dan pasir, keduanya mempunyai sifat sangat menyerap.

9. Obat-Obatan

Banyak dari kita yang mengira bahwa membuang obat yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan ke toilet lebih aman bagi orang-orang di sekitar kita, padahal sebenarnya cukup berisiko.
Obat-obatan dapat mencemari persediaan air dan membunuh bakteri dan spesies lain di dalam air. Singkirkan obat Anda dengan cara yang sudah direkomendasikan.

6 Cara Mengatasi WC Mampet Sendiri di Rumah

Air Panas

Gunakan air panas dari rebusan di atas kompor atau gunakan air panas dari keran. Tuang ke dalam WC yang mampet dan diamkan selama beberapa menit untuk melihat apakah penyumbatan dapat diatasi.

Jika upaya Anda berhasil maka Anda akan melihat air mulai turun. Kemudian ulangi siraman dengan satu atau dua ember air panas lagi. Dalam banyak kasus, air panas cukup untuk memecah apa pun yang menyebabkan penyumbatan.

Sabun Cuci Piring

Jika Anda perlu meningkatkan keberhasilan cara mengatasi WC mampet, tambahkan kira-kira ¼ cangkir sabun cuci piring dari dapur ke dalam WC atau larutkan ke dalam air panas.

Tuang dan diamkan selama 5-10 menit agar ada waktu untuk mengalir ke saluran pembuangan dan mencapai sumbatan. Kemudian, tambahkan air panas ke dalam WC dan diamkan beberapa saat. Dalam kebanyakan kasus, sabun akan bertindak sebagai pelumas dan melumasi sumbatan di saluran pembuangan toilet.

Soda Kue dan Cuka Apel

Tuangkan satu cangkir soda kue dan satu cangkir cuka ke dalam mulut WC. Saat cuka dan soda kue digabungkan, reaksi kimia alami akan meluap dan melonggarkan sumbatan. Setelah sekitar tiga puluh menit, siram dengan air panas dan lihat apakah sudah terkuras, jika belum ulangi sekali lagi.

Sikat Toilet dan Hanger Baju

Ini mungkin tampak sedikit tidak menyenangkan, tetapi jika Anda benar-benar kesulitan dan tidak ada alat pendorong, ambil sikat toilet dan arahkan bulu sikat ke saluran pembuangan. Memompa ke atas dan ke bawah beberapa kali seharusnya cukup untuk melonggarkan sehingga penyumbatan sembuh dalam waktu singkat.

Menggunakan hanger baju yang telah dibentuk lurus dan memasukkannya ke dalam saluran WC juga bisa membantu untuk menemukan sumbatan. Saat air WC mulai turun, siram dengan air panas untuk membersihkannya.

Bathroom Bomb Rumahan

Buat pelega WC Anda sendiri dengan mencampurkan bahan-bahan berikut : 2 cangkir soda kue, 1/4 cangkir garam Epsom, dan 8-10 sendok makan deterjen. Tuang kombinasi tersebut ke dalam wadah kecil, lalu biarkan mengering dan mengeras semalaman. Keesokan paginya, masukkan satu ke dalam WC, siram dengan air panas dan diamkan selama beberapa jam untuk melihat hasilnya.

Hubungi Ahli Sedot WC Mampet

Jika upaya rumahan tidak berhasil dan hanya menguras kesabaran Anda, tindakan yang paling efektif adalah menghubungi jasa sedot WC profesional di tempat Anda tinggal. CV. Mitra Sabena siap membantu permasalahan WC Anda hanya dengan hubungi di nomor kontak yang tersedia di bawah halaman ini.

Hindari beberapa penyebab WC mampet sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan cara mengatasi WC mampet. Namun jika hal ini terjadi, coba tips di atas atau langsung hubungi penyedia jasa sedot WC terdekat Anda.

Baca juga: Jangan Abaikan 10 Masalah Toilet Duduk Ini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *