WC Bau Tapi Tidak Mampet? Ini Penyebab dan Solusinya

  • by
WC bau tapi tidak mampet

CV. Mitra Sabena | Jika Anda bertanya pada diri sendiri tentang kondisi WC bau tapi tidak mampet, padahal Anda telah mencoba membersihkan dan mendisinfeksi, tetapi baunya tidak berpindah. Tidak ada pemilik rumah yang ingin toiletnya berbau. Kondisi ini bisa jadi tidak menyenangkan bagi semua orang di rumah dan benar-benar memalukan jika Anda punya tamu.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyalakan lilin pengharum dan menyemprotkan produk pengharum ruangan untuk menutupi masalah WC yang bau, itu sebenarnya tidak menyelesaikan masalah. Faktanya, melakukan ini dapat memasukkan racun ke udara, menurunkan kualitas udara dalam ruangan rumah Anda.

WC bau tapi tidak mampet

Ketahui Jenis Bau Toilet yang Sering Muncul dan Solusinya

Jika Anda sudah membersihkan toilet secara menyeluruh dan masih ada bau yang keluar dari area tersebut, ada beberapa kemungkinan penyebab bau toilet tersebut. Sebelum itu, ketahui dulu bau-bau yang biasa muncul di kamar mandi.

Berikut adalah tiga bau toilet yang kurang sedap yang dapat dihilangkan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. jika memang membutuhka kami segera Hubungi cantact di bawah.

Bau Toilet Seperti: Telur Busuk atau Sulfur

Sulfur adalah aroma yang tidak ingin dicium oleh pemilik rumah dari toiletnya, namun setiap tahun pemilik rumah diganggu oleh bau telur busuk dari pipa ledeng dan tidak tahu mengapa.

Jika toilet Anda mengeluarkan bau belerang, berarti ada bakteri di dalam air. Jika menurut Anda hal ini mungkin memengaruhi kamar mandi Anda, penting untuk mencari tahu dari mana tepatnya bau itu berasal dan segera atasi masalahnya.

Mungkin sulit untuk menentukan dengan tepat dari mana asal bau belerang, jadi sebaiknya lakukan tes kecil untuk menentukan apakah bau tersebut berasal dari saluran pembuangan tertentu atau semua air di rumah Anda.

Ambil gelas dan isi dengan air yang menurut Anda berbau belerang. Kemudian, ambil gelas lain dan isi dengan air dari keran lain. Periksa apakah keduanya berbau seperti belerang. Jika iya, kemungkinan bakteri ada di semua air. Jika hanya satu gelas yang berbau, maka hanya satu pipa yang mungkin terkontaminasi.

Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti saluran pembuangan atau mendisinfeksi saluran tersebut untuk menghilangkan bau. Dalam kedua kasus tersebut, hubungi profesional pipa lokal Anda untuk meminta pendapat kedua dan perbaikan pipa yang efisien.

Bau Toilet Seperti: Limbah

Banyak pemilik rumah mengeluh bahwa toilet mereka berbau seperti kotoran. Meskipun banyak hal yang dapat menyebabkan bau tidak sedap ini, salah satu yang paling umum adalah masalah p-trap.

P-trap adalah pipa berbentuk U yang menampung sedikit air di dalamnya untuk membentuk segel pencegahan terhadap gas selokan yang keluar dari toilet dan masuk ke rumah Anda. Kadang-kadang, bagaimanapun, perangkap-p memungkinkan gas-gas ini keluar melalui kebocoran, segel rusak, atau jarang digunakan.

Toilet Berbau Seperti: Urine

Membersihkan dan mendisinfeksi toilet Anda serta area sekitarnya hanya untuk menemukan masih ada bau urine yang menyengat tidak mengecilkan hati. Dalam banyak kasus, bau urine yang terus-menerus kemungkinan besar disebabkan oleh segel lilin yang bocor, yang terletak di bawah toilet dan menutup titik antara toilet dan saluran pembuangan.

Pemasangan yang tidak tepat dan keausan umum dapat menyebabkan segel bocor. Sayangnya, saat ini terjadi, apa pun yang ada di toilet bisa menetes perlahan ke lantai di belakang toilet. Hasil? Bau urine yang konstan tidak peduli seberapa sering Anda membersihkan dan mendisinfeksi area tersebut.

Baca Juga:

  • Dilarang Buang 9 Hal ini dan Cara Mengatasi WC Mampet
  • 7 Kondisi Kapan Anda Harus Sewa Jasa Sedot WC?
  • Jangan Abaikan 10 Masalah Toilet Duduk ini

Penyebab Umum WC Mengeluarkan Bau

Toilet sering disalahgunakan dan akhirnya menyebabkan kerusakan atau gangguan. Dari pembilasan limbah kamar mandi secara terus menerus hingga pembuangan tisu toilet yang berlebihan, sampah, dan bahkan mainan secara tidak sengaja, menjadi penyebab toilet di rumah Anda terkadang tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda mungkin mencium WC bau tapi tidak mampet. Bau yang tidak sedap ini biasanya berasal dari pembersihan yang tidak tepat atau tidak memadai.

Namun, jika Anda terus-menerus mencium bau limbah kamar mandi atau kotoran, ada masalah mendasar yang perlu segera ditangani. Panduan ini dan bantuan tukang leding Anda akan membantu Anda memahami dan mengatasi penyebab umum toilet yang bau.

1. Penyumbat Toilet

Kebanyakan orang terkejut mengetahui bau itu mungkin berasal dari penyumbatan di saluran pembuangan toilet, terutama jika toilet mereka disiram dan dikeringkan secara efektif.

Dalam banyak kasus penyumbatan kecil ini yang terjadi saat limbah kamar mandi menumpuk di saluran pembuangan toilet, dan akan larut setelah beberapa kali disiram. Namun, Anda mungkin akan mencium bau sebelum sumbatannya larut.

Untuk mengetahui apakah ada timbunan kecil limbah kamar mandi di saluran pembuangan toilet Anda, tuangkan beberapa cangkir air panas ke dalam mulut WC. Air panas dapat membantu melarutkan penyumbatan, mencegah penyumbatan lebih lanjut dan masalah pipa sembari menghilangkan bau busuk.

Jika Anda tidak melihat adanya penurunan bau, hubungi tukang ledeng. Karena mungkin terdapat penyumbatan yang lebih dalam dan tidak dapat dijangkau dengan penyedot biasa atau masalah mendasar lainnya.

2. Penyumbatan Pipa Ventilasi

Penyumbatan di pipa ventilasi juga dapat menyebabkan bau toilet. Pipa ventilasi ini memanjang dari sistem perpipaan Anda ke atap, yang menghilangkan gas limbah dari rumah sambil membiarkan air limbah mengalir dengan baik. Jika pipa ventilasi tersumbat, gas limbah tidak akan keluar melalui ventilasi di atap Anda, menyebabkan kamar mandi Anda berbau.

Tanda lain dari pipa ventilasi yang tersumbat adalah saluran air yang berdeguk, yang mungkin termasuk toilet, wastafel, bak mandi, atau saluran pancuran. Gemericik ini terjadi karena penyumbatan mencegah udara keluar dari pipa ventilasi dengan benar, sehingga air bergemericik saat Anda menyiram toilet atau mengeringkan wastafel atau bak mandi.

Penting untuk dicatat bahwa ada banyak cara yang dapat menyebabkan pipa ventilasi tersumbat. Puing dari batang pohon, daun kering, atau bahkan sarang burung dapat menyumbat pipa ini. Banyak pemilik rumah dapat membersihkan sendiri puing-puingnya, tetapi profesional pipa ledeng memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk menemukan dan menghilangkan sumbatan dari pipa secara efisien.

3. Segel Toilet Rusak

Area tempat toilet terhubung ke lantai dikelilingi oleh segel lilin. Segel tersebut menciptakan penghalang yang kuat dan kedap air yang mencegah limbah kamar mandi dan bahan limbah tumpah dan terciprat ke lantai. Sayangnya, segel lilin tidak dirancang untuk bertahan selamanya.

Seiring waktu, lilin akan aus, menyebabkan sambungan kendur. Hal ini tidak hanya menyebabkan bau, limbah air, dan kotoran mempengaruhi rumah dan kesehatan Anda, tetapi juga menyebabkan toilet Anda terasa goyah dan tidak stabil saat Anda duduk di atasnya.

Tanpa perbaikan segera pada segel lilin, air dan limbah lebih lanjut dapat tumpah ke lantai Anda, menyebabkan kerusakan air yang berlebihan dan bahkan pertumbuhan jamur. Tentu saja, bau busuk juga akan semakin menonjol.

Tukang ledeng akan dapat mengganti segel lilin dan mengamankan toilet dalam keadaan sejajar untuk mencegah masalah lebih lanjut.

Berbagai penyebab WC bau tapi tidak mampet di atas bisa membantu Anda mencari tahu penyebab yang sebenarnya terjadi di rumah Anda sendiri. Segera perbaiki kerusakan untuk agar keluarga nyaman memakai toilet.

Jika WC/Toilet anda mampet! segera hubungi wilayah yang terdekat dengan anda:

  • Sedot WC Jakarta Pusat
  • Sedot WC Jakarta Timur
  • Sedot WC Jakarta Barat
  • Sedot WC Jakarta Utara
  • Sedot WC Jakarta Selatan
  • Sedot WC Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *